Oleh: mitrabisnis | 13 Maret 2007

PTSI cabang Surabaya bersertifikad dunia

MENERIMA SERTIFIKAT. Kepala PT Surveyor Indonesia Cabang Surabaya Ir. Bambang Ghiri Triantono menerima sertifikat OHSAS 18001:1999 dari pimpinan pusat Ir. Didie B. Tedjosumirat di Hotel Elmi Surabaya, 19 Februari 2007 lalu. Serah terima mereka disaksikan Country Manager Lloyd Register Quality Assurance (LRQA) Mr. Raj Gungaram.

MENJADI sebuah perusahaan konsultasi berbasis inspeksi dan survey yang diakui di tingkat regional dan internasional. Itulah komitmen PT SURVEYOR INDONESIA (PTSI). Bagi perusahaan lain, merealisasikan komitmen tersebut pasti bukan sebuah pekerjaan mudah. Namun tidak demikian buat BUMN yang dipimpin Didie B. Tedjosumirat ini.

Mengapa demikian. Pasalnya pria kalem berkumis tipis ini dan jajaran manajemen PTSI punya kiat mujarab. Salah satunya, menetapkan tata kelola perusahaan khususnya di kantor Cabang diwajibkan menerapkan standar internasional, dengan ketentuan Sistem Manajemen Mutu (SMM) mengacu pada standar ISO 9001:2000, Akreditasi Lembaga Inspeksi (ALI) mengacu pada standar ISO/IE 17020, sementara untuk Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) mengacu pada OHSAS 18001:1999.

Ketentuan itu langsung disambut oleh Cabang Surabaya. Dan, pada 19 Desember 2006, kantor Cabang yang dipimpin Bambang Ghiri Triantono ini membuat kejutan dengan keberhasilan mengantongi Sertifikat OHSAS 18001:1999 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Lloyd Register Quality Assurance (LRQA), sebuah Badan Sertifikasi yang berkantor pusat di London, Inggris. Sertifikat tersebut diserahkan di Hotel Elmi Surabaya pada 19 Februari 2007 lalu oleh Country Manager LRQA Mr. Raj Gungaram pada Direktur Utama Didie B. Tedjosumirat, yang kemudian diserahkan pada Kepala Cabang Surabaya Ir. Bambang Ghiri Triantono. Keberhasilan ini melengkapi prestasi sebelumnya dengan mengantongi Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu juga dari LRQA dan Akreditasi Lembaga Inspeksi ISO/IE 17020 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Dengan keberhasilan mendapatkan sertifikat SMK3 itu berarti PTSI Cabang Surabaya, sudah diakui secara internasional dalam tata kelola perusahaan bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), baik dalam memberikan layanan jasa di tempat klien maupun di internal perusahaan. Sertifikat itu membuat PTSI Cabang Surabaya kian leluasa dalam melakukan penetrasi pasar, khususnya di sektor industri Minyak & Gas Bumi. Juga, Industri Petrokimia yang sangat mengutamakan persyaratan K3. Sekaligus akan menempatkan PTSI sebagai penganjur budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di wilayah kerja sebuah perusahaan. Sedangkan Cabang lain yang telah memperoleh sertifikat SMK3 adalah PTSI Cabang Jakarta.

Diperolehnya sertifikat OHSAS 18001:1999 itu, secara tersirat sebagai implementasi awal dari komitmen PTSI terhadap perlindungan tenaga kerja, yaitu meningkatkan pengendalian manajemen, mengelola dan mengendalikan risiko K3, serta meningkatkan keterlibatan dan kepedulian K3 di seluruh tingkat organisasi dan moral pekerja.

Selain itu, mendukung organisasi dalam mengidentifikasi persyaratan perundangan dan pemenuhan terhadap perundangan. Dikantonginya sertifikat SMK3 itu sekaligus sinyal buat pemegang saham dan pemerintah, bahwa PTSI Cabang Surabaya telah menerapkan praktek K3 dengan baik.

“Keberhasilan kami mengantongi sertifikat SMK3 itu, juga sebagai bentuk usaha PTSI untuk menjaga kepuasan pelanggan dalam mutu penyampaian jasa. Selain itu untuk melindungi aset terbesar kami dalam bentuk SDM yang handal dan profesional,” ujar Bambang Ghiri Triantono saat ditemui diruang kerjanya. (Prima Sp Vardhana)


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: