Oleh: mitrabisnis | 11 Januari 2008

SEMEN GRESIK PEDULI KORBAN BENCANA BANJIR-TANAH LONGSOR


Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda beberapa kabupaten di Jawa Timur telah menimbulkan kerusakan tempat tinggal, persawahan serta fasilitas umum lainnya seperti sekolah, pasar, tempat ibadah.


Genangan air dengan ketinggian hingga 1,5 meter – 2,5 meter serta longsoran tanah yang memporak-porandakan lingkungan pemukiman itu menimbulkan dampak berupa kondisi yang sulit.Terlebih-lebih tidak sedikit keluarga dari banyak desa terisolasi akibat jalur transportasi ke desa-desa tertentu terputus oleh luapan air bah.

Demikian juga jalan-jalan protokol di dalam kota antara lain yang terjadi di Kota Bojonegoro tergenang air Bengawan Solo hingga batas leher orang dewasa selama berhari-hari.

Tentu saja datangnya bencana alam itu lantas menimbulkan terhentinya aktifitas sehari-hari sekalian kondisi memilukan terhadap masyarakat yang menjadi korban. Karena itu, para korban banjir dan tanah longsor perlu diberikan bantuan oleh berbagai pihak yang mampu mengulurkan tangan.
Sebagai bagian dari komponen yang tanggap terhadap bencana, PT Semen Gresik (Persero) Tbk melalui program Semen Gresik Peduli telah ikut membantu meringankan beban penderitaan para korban banjir dan tanah longsor tersebut.

Langkah kemanusiaan itu dilakukan melalui koordinasi dengan pihak pemerintah daerah setempat, untuk mengetahui kondisi akhir dan kebutuhan yang paling urgen. Dimulai dari Kab. Pacitan, Kab. Ponorogo, Kab. Ngawi. Di tiga kabupaten itu, tim Semen Gresik Peduli tidak saja menyediakan ribuan paket sembilan bahan pokok (beras, gula, roti kerieng, mie, minyak goreng) sesuai kebutuhan masyarakat yang terkena bencana, tetapi juga perahu karet untuk mengevakuasi para korban serta layanan kesehatan. Sementara bantuan berupa pakaian dikoordinir oleh Persatuan Istri Pegawai Semen Gresik (PIPSG).

Pola penerjunan tim bantuan Semen Gresik ke lokasi bencana seperti gempa di Provinsi Yogyakarta dan di Bantun serta tsunami di Aceh serta bantuan pasca gempa (masa pemulihan), tidak ketinggalan banjir di Jakarta, seperti tahun-tahun sebelumnya selalu berbeda. Hal ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah dan kualifikasi penanggulangannya.

Kepala Bagian Bina Lingkungan & Usaha Kecil PT Semen Gresik (Persero) Tbk, Faf, Adisyamsul, menjelaskan tim Semen Gresik Peduli bergerak ke daerah bencana untuk melakukan upaya penyelamatan korban ke daerah-daerah aman menggunakan perahu karet, mengingat lokasi-lokasi tertentu tidak dapat dicapai dengan kendaraan bermotor roda empat.

Kepada para korban bencana alam yang tinggal di pengungsian, Tim Semen Gresik Peduli menyalurkan paket sembako serta kebutuhan lainnya. Untuk memudahkan tim agar mampu bergerak cepat, maka didirikan posko di kawasan yang paling parah terkena bencana.

Di Kab. Ngawi posko Semen Gresik Peduli ditempatkan di Dusun Pojok, Kec. Kwadungan dan di Kec. Geneng. Wilayah tersebut merupakan salah satu kecamatan paling parah terlanda bencana banjir akibat meluapnya Sungai Madiun. Sebelumnya, ditempatkan posko di Pendopo Kab. Ponorogo dan di Desa Kembang, Kab Pacitan.

Untuk menghindarkan berjangkitnya penyakit akibat banjir, Semen Gresik mengirimkan tim medis lengkap dengan mobil ambulance. “Dalam sehari, ratusan warga dari beberapa dusun di Kab. Ngawi datang ke posko layanan kesehatan, mereka umumnya mengeluhkan gatal-gatal, diare, batuk serta luka di beberapa bagian tubuh. Kondisi kesehatan warga tidak mengkhawatirkan,” tutur dr. Bagus Prayogi, dokter Rumah Sakit Semen Gresik, yang terjun langsung ke daerah bencana.

Sesudah genangan air surut dan daerah bencana banjir di Ngawi dalam masa pemulihan, masyarakat setempat dipasok air bersih.

Selanjutnya, tim Semen Gresik Peduli bergeser ke daerah yang lebih parah terlanda banjir yakni Kab. Bojonegoro, dimana posko Semen Gresik Peduli ditempatkan di Kauman serta Baureno. Dalam waktu bersamaan juga didirikan posko di Widang, Kab. Tuban, dimana sejumlah desa di wilayah tersebut tenggelam oleh luapan air Bengawan Solo dan bencananya cukup parah. Di kawasan itu dioperasikan perahu karet untuk mengevakuasi penduduk yang terjebak banjir.

Dikatakan oleh Faf Adisyamsul bahwa mengingat banyaknya wilayah di Jawa Timur yang terlanda banjir, maka tim Semen Gresik Peduli tidak hanya berkonsentrasi melakukan bantuan di satu kabupaten, melainkan terus bergerak ke kawasan bencana di
kabupaten bersebelahan yakni Kab. Lamongan dan Kab. Gresik (posko di Bungah). Sebagai BUMN berbasis di Jawa Timur, Semen Gresik akan selalu menanggulangi bencana alam yang sedang melanda wilayah ini seperti halnya yang dilakukan di kawasan lain di Indonesia.@


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: